Seribu Gasing Berputar di KSM 2018

0
77

HUMAS PEMKO BATAM –  Seribu gasing akan berputar dalam perhelatan Kenduri Seni Melayu (KSM) 2018, November mendatang. Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan gasing dipilih karena merupakan permainan rakyat tradisional melayu.

“Ini sebagai bentuk upaya melestarikan budaya. Sekaligus untuk menarik wisatawan khususnya dari negeri serumpun,” kata Ardi di Batam Centre, Rabu (10/10).

Menurutnya KSM 2018 ini juga akan dihadiri peserta dan pengunjung mancanegara. Negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam sudah ada yang konfirmasi kehadiran.

Selain gasing seni budaya budaya lain juga akan ditampilkan. Seperti puisi, lukis, tari, dan sebagainya.?

Artis Indonesia yang banyak nyanyikan lagu melayu, Iyeth Bustami juga akan tampil menghibur di KSM 2018.

“Iyeth tampil di malam pembukaan, Kamis (1/11). Acara pembukaan dimulai pukul 19.30 WIB atau bada isya di Dataran Engku Putri,” ujarnya.

KSM 2018 ini akan berlangsung empat hari, Kamis-Sabtu (1-3/11). Pada saat bersamaan juga digelar pesta wirausaha Batam oleh komunitas Tangan Di Atas.

Ardi mengatakan KSM tahun ini sudah ke-20 kalinya dilaksanakan. Tahun ini KSM masuk dalam 100 kalender pariwisata Wonderful Indonesia.

Sementara itu Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan berdasarkan data BPS jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam pada semester I 2018 sudah mencapai 1,044 juta. Artinya jika jumlah yang sama bisa diraih di semester II, Batam bisa menyumbang kunjungan 2 juta lebih wisatawan mancanegara ke Indonesia.

“Event memang bisa mendatangkan wisman. Tapi kalau kota tak cantik, setelah acara mereka pulang. Makanya kita sekarang sedang mempercantik kota supaya wisman ini mau tinggal lebih lama atau bahkan kembali lagi ke Batam setelah event selesai,” ujar Rudi pada suatu kesempatan.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here