Pemko Apresiasi Operasi Teritorial di Kota Batam

0
42
Pemko Apresiasi Operasi Teritorial di Kota Batam

HUMAS PEMKO BATAM Walikota Batam, Muhammad Rudi melalui Sekretaris Daerah Kota, Jefridin mengapresiasi kegiatan operasi teritorial di Kota Batam oleh Wilayah Lantamal IV. Usai menghadiri rapat Pelaksanaan Pengawasan & Evaluasi Operasi Teritorial TNI “Galang-01” TA 2019, Jefridin menyampaikan ucapan terimakasih atas dibangunnya sarana dan prasarana di dua kecamatan, Kecamatan Nongsa dan Galang.

“Pemerintah Kota Batam akan mendukung penuh kegiatan ini dan ini merupakan program yang bagus dan antara TNI/Polri, Pemda dan masyarakat sudah bersinergi untuk membangun kota ini,” kata Jefridin, Senin (2/9) di Mako Lanal.

Untuk melengkapi prasarana yang diperlukan seperti air dan listrik menurutnya akan dikoordinasikan dengan lurah setempat. “Nanti akan kita komunikasikan dengan lurahnya. Termasuk masjid, ini sudah menjadi komitmen Pak Walikota,” tutur mantan Kadispenda Kota Batam ini lagi.

Di tahun 2019, Danlantamal IV menggelar operasi teritorial di Kota Batam yang dipusatkan di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa dan di Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang. Kegiatan ini menurut Danlantamal IV Tanjungpinang yang juga bertindak sebagai Dansatgas Opster TNI 2019 akan berlangsung selama 60 hari, terhitung 26 Juli 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengamankan wilayah perbatasan, pencegahan terjadinya penyelundupan narkoba dan juga wawasan kebangsaan.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat membantu masyarakat di Provinsi Kepri khususnya di Kota Batam. Kegiatan ini juga merupakan bentuk harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Di Kelurahan Sambau Kecamatan Nongsa pekerjaan fisik yang dilakukan berupa renovasi Masjid Annur, renovasi Tribun lapangan volley dan lapangan bola serta renovasi lapangan sepak takraw. Di Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, kegiatan fisik yang dilakukan yakni merenovasi Masjid Nurul Jihad, Masjid Annur dan Posyandu. Selain itu juga dilakukan kegiatan bakti sosial yang diikuti berupa sunatan massal di Kelurahan Sambau diikuti 50 orang. Pelayanan kesehatan di Kelurahan Sambau diikuti 350 orang.

“Untuk kegiatan giat kompos di masing-masing kelurahan 200 orang. Dengan jumlah personil yang terlibat dari TNI/Polri berjumlah 200 orang,” sebutnya.

Sementara materi penyuluhan yang disampaikan kepada masyarakat dan siswa yakni terkait pengamanan laut (pelayaran), penyuluhan narkoba, bela Negara/wawasan kebangsaan, hukum, perikanan, kesehatan, penyelundupan/perdagangan dan mengatasi berita hoax.

Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo menyampaikan ucapan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar. Ia mengatakan ini merupakan kegiatan operasi teritorial pertama yang dilakukan oleh Angkatan Laut.

“Yang pertama kali, dengan melihat situasi dan kondisi Kota Batam ditunjuk sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan ini,” ucapnya.

Ia mengapresiasi sinergisitas yang terjalin melalui kegiatan ini. Terlebih kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun dengan membantu meperintah di daerah. “Apa yang kita kerjakan ini untuk masyarakat,” tutunya.

Kegiatan Ren dan Lakgiat Opster TNI “Galang-01” TA 2019 di Wilayah Lantamal IV ini dihadiri Danlanal Kota Batam Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmad Purboyo, Dandim 0316/Batam Letkol Inf Romel Djangga Wardhana dan perwakilan dari Danlanud dan Batalyon Inf X Marinir SBY Batam.(HP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here