Tarian Zapin Melayu Meriahkan Perayaan HUT Ke-74 TNI

0
45

HUMAS PEMKO BATAM Walikota Batam, Muhammad Rudi turut berbaur dengan prajurit TNI/Polri dan ibu-ibu anggota Persit Kartika Chandra Kirana menari tarian Zapin Melayu. Tamu undangan serta perwira tinggi di jajaran TNI/Polri pun turut menari bersama. Tarian Zapin Melayu merupakan bagian dari acara Perayaan HUT Ke-74 TNI Polri yang digelar di Dataran Engku Putri pada Sabtu (5/10) pagi.

“Selamat ulang tahun dan semoga TNI semakin jaya. Mari bersama kita bersinergi menjaga Batam sehingga Batam Kota yang kita cintai semakin maju” ucap Rudi.

Sebelumnya telah dilaksanakan upacara Perayaan HUT Ke-74 TNI yang dipimpin Danrem 033/Wira Pratama Brigadir Jenderal TNI Gabriel Lema. Bersama Rudi, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad pun turut hadir. Adapun tema pokok pada kegiatan HUT ke-74 ini adalah “TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Pada HUT TNI Ke-74 Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan dalam melaksanakan tugas pokoknya, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Berbagai kekuatan yang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa.

“Perkokoh iman dan takwa kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, tingkatkan soliditas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, agar kita selalu menjadi pemersatu dan perekat bangsa yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia, sikapi berbagai kemajuan dengan bijak, jadilah agen perubahan yang positif dan jalanilah setiap tugas secara ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini,” papar Gabriel Lema membacakan pidato Panglima TNI.

Selain tarian zapin sebelumnya ada atraksi drumband dan penampilan defile pasukan barisan peserta upacara. Untuk memeriahkan HUT Ke-74 TNI, Kodim 0316 Batam, memperagakan pameran Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI, di Dataran Engku Putri  yang telah dimulai sejak Jumat (4/10).

Selain dipajang, para prajurit TNI juga terlihat memperagakan alutsista yang dipamerkan, seperti kendaraan tempur, kendaraan taktis, dan kendaraan dinas, Arisgator, Ranpur BTR 50 PM, Ranpur Tank PT 76 PM, Sea Rider, Rantis Jeep Kia, Motor Trail, Mobil Kapal.

Kemudian ada juga landing craft rubber (LCR), aeromodelling milik TNI AU, hingga pesawat heli. Sedangkan senjata yang dipajang diantaranya SO minimi, pistol combat, Steyr, SS-1, FN-45, M-16, Glock, dan sebagainya. Warga terlihat antusias melakukan swa foto di tiap Alutsita milik TNI.

Bahkan salah satu kendaraan tempur usai upacara beroperasi dan membawa warga berkeliling Dataran Engku Putri. Selain menggelar Pameran Alutsista, namun ada juga Festival band yang diikuti 24 pelajar SMA umum se – Kota Batam, dan kegiatan donor darah serta renovasi rumah Veteran.

Upacara dihadiri Plt Gubernur Provinsi Kepri, Is diantos serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kepri dan Kota Batam.(HP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here