Wujudkan Generasi Sehat Untuk Indonesia Unggul

0
64

HUMAS PEMKO BATAM Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-55 diperingati Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan menggelar upacara, Selasa (12/11) di Dataran Engku Putri. Sebagai inspektur upacara Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahcmad. Adapun tema Hari Kesehatan Nasional ke-55 “Generasi Sehat Indonesia Unggul”. Pada sambutan Menteri Kesehatan yang dibacakan oleh Amsakar, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun sumber daya manusia (SDM), yaitu “stunting” dan jaminan kesehatan nasional.

“Ada beberapa hal yang ditekankan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-55, salah satunya harus ada upaya yang sungguh-sungguh baik pusat dan daerah untuk mengentaskan stunting. Alhamdulillah dalam waktu lima tahun stunting sudah turun hampir 10 persen dan jaminan kesehatan nasional sudah dilaksanakan sepenuhnya,” kata Amsakar usai memimpin upacara.

Amsakar juga menyampaikan bahwa Menteri Kesehatan meminta dalam pelaksanaan tata kelolanya, pembangunan kesehatan di daerah dilaksanakan secara baik, benar dan bertanggungjawab, akuntabel dan transparan. Selanjutnya dalam pembangunan kesehatan menekankan pada dua penguatan, optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan.

Optimalisasi inovasi layanan kesehatan bertujuan untuk meng efisiensikan tindakan-tindakan yang mahal dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat. “Ketersediaan obat menjadi perhatian. Sejauh ini untuk persoalan obat sudah kita persiapkan. Hingga akhir tahun berjalan sesuai harapan. Artinya kualitas pelayanan kesehatan kita Alhamdulillah cukup memuaskan hati,” ucapnya.

Menteri juga berpesan agar ada harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antar kementerian dan lembaga. Ini perlu agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan.

“Tanggungjawan yang harus disiapkan seluruh stake holder termasuk Pemda adalah bagaimana layanan kesehatan di kota ini terlaksana dengan baik.  Dengan momentum hari kesehatan ini seluruh pemangku kepentingan bersatu padu untuk meningkatkan layanan kesehatan,” pungkasnya.(HP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here